beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Masyarakat Harus Ekstra Hati-hati Dengan Maraknya Uang Palsu Jelang Lebaran

Masyarakat Harus Ekstra Hati-hati Dengan Maraknya Uang Palsu Jelang Lebaran

 
azzam
2016-06-26 10:27:58
azzam Kriminal 0 190
 
 
Masyarakat Harus Ekstra Hati-hati Dengan Maraknya Uang Palsu Jelang Lebaran

Masyarakat Harus Ekstra Hati-hati Dengan Maraknya Uang Palsu Jelang Lebaran

 

Berita Kriminal Pilihan

 
 
 
 
 

Pada bulan Ramadhan dan jelang Lebaran, masyarakat diminta ekstra waspada dengan  peredaran uang palsu.  Dikarenakan data yang ada di Bank Indonesia (BI) banyak beredar uang palsu dalam jumlah banyak.
 

Data dari BI hingga Mei 2016 lalu ditemukan di tiap sejuta lembar uang yang beredar, ada lima lembar uang palsu. Bahkan, tren uang palsu terus melonjak sejak 2014 ke 2015.

 

Hal itu diungkapkan oleh  Asisten Manager Layanan dan Operasional BRI Kantor Cabang Pati, Anto Sulistiyarso. Ia berharap pada masyarakat agar berhati-hati  saat melakukan transaksi tunai.

 

"Pada saat Ramadhan hingga lebaran tingkat kriminalitas mengalami trend peningkatan. Dan yang patut diwaspadai adalah peredaran uang palsu," jelasnya, Selasa (14/6/16).

 

Anto juga berharap pada masyarakat untuk lebih jeli dan teliti jika menggunakan uang, harus diperiksa satu per satu dan bila memungkinkan disorot menggunakan lampu ultra violet. 

 

"Jika menerima uang kertas harus ingat dengan  prinsip 3D (dilihat, diraba dan diterawang) untuk memastikan keaslian uang kertas tersebut," tegasnya.

 

Sedangkan uang kertas yang palsu yaitu dengan ciri-ciri,  gambar pada cetakan tidak jernih, cetakan buram dan membayang. Kertas uangnya agak tipis dari yang asli, dan gambar pahlawan dapat dilihat hanya dengan diterawang,” tuturnya. 

 

Untuk itu Anto mengimbau masyarakat lebih menggunakan jasa perbankan untuk bertransaksi guna menghindari adanya uang palsu.

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan